Saturday, October 2, 2010

Koperasi di Indonesia

Kondisi koperasi di Indonesia kini makin sulit, bisa dibilang kini koperasi di Indonesia sedang diambang kehancuran. Kondisi ini terlihat hampir di seluruh pelosok negeri. Misalnya Kondisi ratusan koperasi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, kini sangat memprihatinkan, karena dari 649 jenis koperasi yang ada baru 189 koperasi yang melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT).

Jika saya menjadi presiden, saya ingin mengaktifkan kembali koperasi-koperasi yang sudah mati dengan menginvestasikan dana yang cukup untuk menjalankan koperasi tersebut serta memberikan sumber daya manusia (SDM) yang memadai untuk menjalankan koperasi dengan baik dan benar. Saat koperasi tersebut sudah mulai aktif kembali, saya akan mensosialisasikan manfaat dan kegunaan koperasi kepada orang-orang awam yang tidak peduli dan memperhatikan nasib koperasi di Indonesia, agar masyarakat kecil dapat berpartisipasi dalam menjalankan tugas koperasi.

Kalau koperasi sudah berjalan dengan baik, masyarakat kecil disekitar koperasi pun mendapatkan keuntungan, salah satunya mereka bisa meminjam uang untuk membangun usaha kecil dari koperasi. Keuntungan dari usaha itu dibagi berdasarkan ketentuan yang ditetapkan bersama. Jadi pengangguran di Indonesia bisa dikurangi, dan koperasi di Indonesia juga bisa berjalan dengan baik lagi.

No comments:

Post a Comment